Penyebab masalah pembekuan es cold storage dan cara mencegahnya

Cold storage sangat berguna pada perusahaan yang perlu menyimpan produk makanan. Selain untuk menyimpan makanan, ruangan dingin juga membantu menjaga kualitas produk berkat kapasitas pendinginannya. Dengan penyimpanan dingin, pemilik penyimpanan dingin dapat memperoleh manfaat dari kapasitas penyimpanan yang terukur, peningkatan aksesibilitas, dan kontrol suhu yang efektif.



Namun, kekhawatiran yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan dingin adalah masalah pembentukan es. Pembekuan dapat berdampak serius pada fungsi pendinginan dan penyimpanan di fasilitas penyimpanan berpendingin, oleh karena itu penting untuk memahami apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya.



 



Penyebab masalah pembekuan es



Ada banyak kemungkinan penyebab masalah pembekuan pada cold storage.




  1. Salah satu penyebabnya yang diketahui adalah masuknya udara hangat dan lembab ke dalam ruangan dingin. Biasanya, komponen penyimpanan dingin memiliki segel efektif yang mencegah masuknya udara hangat. Namun, jika komponen-komponen ini mulai tidak memiliki kemampuan untuk menutup, kemungkinan es akan menumpuk di dalam ruangan dingin. Komponen yang mungkin mengalami masalah antara lain adalah pintu, engsel, penutup, dan gasket.

  2. Selain itu, udara hangat dan lembap dapat masuk ke dalam ruangan dingin jika pintu dibiarkan terbuka terlalu lama atau selama proses pengisian ulang akan menyebabkan terbentuknya es.

  3. Port pelepas tekanan yang rusak juga dapat menyebabkan penumpukan es di penyimpanan dingin.

  4. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk kurangnya isolasi yang tepat, relay penundaan kipas yang rusak, dan saluran air yang tersumbat.



 



Mencegah masalah pembekuan es



Masalah pembekuan dapat dicegah dengan melakukan langkah-langkah sederhana.




  1. Cara yang baik untuk menghentikan masalah lapisan es di ruangan dingin adalah dengan melakukan pemeriksaan dan evaluasi secara berkala. Memeriksa perangkat keras pintu, gasket, saluran pembuangan, panel insulasi, dan komponen penting lainnya dapat membantu Anda mengetahui apakah sudah ada masalah. Memeriksa komponen-komponen ini juga dapat menunjukkan kepada Anda apakah ruangan Dingin sudah mengalami masalah pembekuan yang serius. Anda kemudian dapat memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak tepat waktu untuk mencegah masalah pembekuan secara efektif.

  2. Memasang tirai udara atau tirai strip vinil. Tirai ini akan mencegah udara hangat dan lembap memasuki ruangan dingin.

  3. Menjalankan siklus pencairan es secara teratur juga dapat mencegah masalah pembekuan, perbaikan yang tidak perlu, dan biaya energi yang berlebihan.



Periksa lebih lanjut pemecahan masalah ruang dingin lainnya:  Bagaimana cara mengatasi kesalahan umum pada penyimpanan dingin?



Apakah Anda perlu membangun ruangan dingin, hubungi saja kami. Kami menawarkan berbagai macam ruang pendingin komersial dan industri, ruang freezer, freezer ledakan untuk toko, pabrik, supermarket, pengolahan makanan dan sebagainya.